Mitologi Kuntilanak, Asal Usul, Sifat dan Kesukaanya

Kuntilanak adalah sosok hantu yang terkenal di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Sosok kuntilanak menjadi sangat populer bahkan sudah sering kali menghiasi layar kaca Indonesia bahkan sampai layar lebar.

Secara fisik, kuntilanak sering digambarkan atau diceritakan sebagai sosok wanita dengan gaun putih, rambut panjang terurai, punggung bolong dan muka menyeramkan.

Eh, tapi terkadang ada juga film yang menggambarkan kuntilanak dengan wajah cantik. Hehe...

Tapi berdasarkan penuturan cerita dari orang-orang yang mengaku pernah berhadapan langsung dengan kuntilanak. Kuntilanak adalah sosok perempuan dengan wajah yang menyeramkan. Jadi, gak ada tuh gambaran cantik seperti di film-film. Hehe


Asal Usul Kuntilanak

Kuntilanak memiliki banyak sebutan. Masing-masing daerah memiliki sebutannnya sendiri-sendiri. Kuntilanak, mungkin adalah istilah yang sudah tidak asing di sebagian besar warga Indonesia. Untuk orang jawa, ada sebutan lain yaitu sundel bolong. Di daerah Pontianak atau puntianak dipercaya sebgai akronim dari Perempuan Mati Beranak, yang kemudian hantunya di sebut puntianak.

Menurut cerita rakyat yang berkembang di tengah-tengah masyarakat khususnya tempat penulis, dareah jawa, hantu kuntilanak atau sundel bolong berasal dari perempuan yang mati dalam keadaan hamil atau mati dalam keadaan atau setelah melahirkan.

Perempuan yang mati dalam keadaan hamil dan atau dalam keadaan melahirkan inilah yang kemudian dipercaya oleh masyarakat arwahnya gentayangan menjadi hantu kuntilanak. Mengenai cerita asal usul kuntilajnak ini sudah sering masuk dalam film-film layar lebar Indonesia.

Sifat Kuntilanak

Kuntilanak memiliki sifat usil, iseng, suka mengganggu manusia terlebih para kaum adam (pria). Makhluk halus ini sering menampakan diri pada para lelaki yang suka ngalayab malam-malam.

Bagi mereka yang memiliki hobi memancing di sungai atau rawa, mereka sering menceritakan pengalamannya bertemu kuntilanak.

Berdasarkan keterangan dari para sesepuh, memang kuntilanak memiliki sifat suka dengan daerah perairan. Maka daerah yang sering dilewati dan dijaikan "area bermain" kuntilanak adalah sungai, rawa, sumber air dan tempat pemandian umum. Terlebih kalau disekitar pemandian ada tumbuh pohon besar dan rindang, maka tempat seperti ini dipercaya sangat disukai oleh kuntilanak.

Keisengan makhluk gaib yang satu ini sering diceritakan oleh mereka yang mengaku pernah melihat penampakannya. Misal, secara tiba-tiba duduk disamping orang yang sedang memancing, berjalan menelusuri sungai kemudian terbang sambil tertawa cekikikan, duduk di atas batang pohon sambil melambaikan kaki.

Selain itu, terkadang kuntilanak juga suka memasuki daerah perkampungan. Ada yang menuturkan, jika malam-malam mendengar suara induk ayam seperti sedang memanggil anak-anaknya dan ada suara anak ayam, maka disinyalir itu adalah kuntilanak yang sedang bergentayangan.

Kesukaan Kuntilanak

Kesukaan kuntilanak adalah menggangu para kaum lelaki. Bahkan, ada mitos yang berkembang di tengah masyarakt, bahwa kuntilanak menykai buah dzakar laki-laki. Waduh.....

Tempat yang paling dukai adalah dareah aliran air seperti selokan, sungai dan tempat pemandian umum.

Mitos Seputar Kuntilanak

Jika ada 2 orang laki-laki, yang satu melihat penampakan kuntilanak dan yang satunya lagi tidak, maka berhati-hatilah yang tidak melihat.

Konon katanya, kuntilanak menyukai buah dzakar laki-laki. Makhluk horor yang satu ini sering menampakan dirinya diharapan para laki-laki. Tapi, jika ada dua orang pria yang satu melihat dan yang satu tidak, mkan katanya yang akan diambil buah dzakarnya adalah yang tidak melihat si kunti. Wuih.... serem ya

Jika memancing ditemani kuntilanak, maka akan mendapatkan banyak ikan
Ini juga mitos yang berkembang di masyarakat yang memiliki hobi memancing. Konon katanya, jika di ada kuntilanak sedang duduk atau berdiri di sebuah batu di sungai, maka di air sekitar itu ikan akan berkumpul.

Jika pemancing memiliki keberanian yang luar biasa, maka ini adalah kesempatan emas yang tidak akan disia-siakan. Mereka justru akan secara sengaja memancing beremankan kuntilanak. Hih..... takutt.....

Kuntilanak bisa menjadi manusia dan bisa diperistri
Konon kabarnya, kuntilanak bisa menjadi manusia jika ada yang berani menancapkan paku di kepalanya. Tidak hanya menjadi manusia, tapi makhluk ini juga akan menjadi teman yang setia bahkan bisa diperistri yang siap berkorban untuk suaminya.

Laki-laki yang mampu memperistri kuntilanak akan menjadi laki-laki yang kaya raya, dilingkupi aura mistis yang penuh kharisma.

Nah itulah cerita-cerita tentang kuntilanak, tentu catatan kecil ini tidak bisa mewakili semua kisah dan mitos kuntilanak dari semua daerah. Selain penulis memiliki keterbatasan pengetahuan tentang dunia mistis, yang pasti juga kurang jalan-jalan. Tapi kalau suruh jalan-jalan bareng kuntilanak jelas gak mau lah. Hehe....